Pitungan Jodo – Hitungan Weton Untuk Meramal Kebaikan Dan Keburukkan Kelak Berumah Tangga

Dalam artikel ini akan menjelaskan mengenai perhitungan weton dalam adat istiadat Jawa. Selain itu juga akan dibeberkan mengenai solusi, bila terjadi hitungan weton yang hasilnya jelek.

Perhitungan Weton

Mengenai perhitungan weton, perlu Anda ketahui bahwa di dalam kebudayaan atau tradisi masyarakat Jawa, masih memiliki kepercayaan bahwa kecocokan atau nasib kehidupan rumah tangga ditentukan oleh weton kelahiran masing-masing pasangan hidup. Maksudnya ada garis perjodohan yang memberikan pengaruh positif, dan ada juga yang memberikan pengaruh negatif.

Sejak dulu nenek moyang masyarakat Jawa sudah memiliki pitungan jodo atau perhitungan yang secara khusus digunakan untuk meramalkan suatu perjodohan. Ini digunakan guna membaca atau meramalkan kehidupan kedua calon pasangan yang akan menjalani kehidupan rumah tangga.

Pada intinya tradisi Pitungan Jodo ini tak lain merupakan sebuah bentuk harapan guna memperoleh atau mencapai kehidupan rumah tangga yang harmonis, bahagia dan sejahtera. Pitungan jodo atau ramalan jodoh yang digunakan biasanya tidak hanya satu, tetapi ada beberapa jenis pitungan yang biasa dipergunakan, sehingga akan diperoleh beberapa kesimpulan yang menandakan cocok atau tidaknya pasangan tersebut.

Meski demikian, seumpama ternyata didapat suatu hasil ramalan perjodohan yang kurang baik pun tetap ada solusi untuk mengantisipasinya, biasanya solusi yang diberikan yakni dengan mencarikan hari baik pada saat akad nikahnya yang bertujuan untuk menetralisir pengaruh buruk dari perjodohan tersebut.

Ramalan Jodoh ini dihitung berdasarkan 6 pitung perjodohan dari kitab primbon Betaljemur Adammakna karya Kangjeng Pangeran Harya Tjakraningrat. Dulu, pitungan perjodohan ini cukup populer dan seringkali dijadikan patokan atau panduan dalam mencari jodoh.

Anda perlu tahu bahwa hasil ramalan bisa saja saling bertentangan pada setiap pitungan. Hasil ramalan yang baik bisa mengurangi pengaruh ramalan yang buruk, begitu pula sebaliknya.

Dari penjelasan di atas yang jelas Anda jangan mudah memutuskan suatu hubungan hanya karena perhitungan suatu perjodohan itu buruk menurut pitung. Sebab ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan mencarikan hari yang menurut pitungnya baik untuk akad nikah.

Atau menggunakan benda atau sarana bertuah sebagai tolak balak hal buruk yang dikhawatirkan terjadi akibat perhitungan weton yang buruk. Yang jelas semuanya kembali ke diri Anda, percaya atau tidak, pitungan hanyalah sebagai bagian dari ihtiar dan juga pengingat bahwa dalam kehidupan berumah tangga memang banyak rintangan yang akan dihadapi.

Jimat Weton

 

ARTIKEL LAINNYA MELIHAT WATAK SESEORANG BERDASARKAN WETON

WhatsApp chat