Sesajen Dalam Masyarakat Jawa

Wadima adalah sesajen yang diberikan kepada hantu, setan dan roh yang dikenal agar mereka bertindak baik dan tidak mengganggu man usia. Wadima juga untuk menghindari kecelakaan yang disebabkan oleh setan, hantu atau roh serta juga untuk menjaga keselamatan manusia, binatang atau tanaman.

Sesajian ini dapat dilakukan di dalam rumah dengan cara membakar kemenyan serta menaruh atau menabur bunga. Wadima juga dilakukan di luar rumah seperti tempat-tempat yang membahayakan di halaman, seperti sumur, kamar mandi, dapur dan pintu keluar atau pintu masuk.

Wadima dilakukan dengan menaruh bunga di tempat khusus yang dibuat dari daun pisang. Sesajian demikian juga dapat diletakkan pada tempat yang berada di dekat rumah, seperti di perempatan jalan dan tempat berbahaya lain, yang diperkirakan ada penghuninya.

Malam Jum’at adalah malam istimewa bagi orang Jawa dalam hal menyediakan wadima. Wadima khusus yang tidak pernah dilupakan oleh orang Jawa pada malam Jumat adalah wadima untuk Dhanyang Desa.

Malam Jum’at juga digunakan oleh kebanyakan orang untuk memberi sesaji kcpada Dhanyang Tuwo, Cikal Bakal dan Dhemit. Sesajian ini tcrmasuk juga untuk Lelembut dan rohroh orang yang meninggal. Pad a malam Jumat juga diberikan penghormatan kepada Nyai Tawa, pelindung dapur dengan menoreh peralatan dapur dengan boreh.

Bila di rumah ada anak-anak kecil, juga diberikan penghormatan kepada Nini Among. Agar tanaman padi tumbuh subur, pada malam Jumat juga diberikan sesajen kepada Dewi Sri, pelindung tanaman padi, dengan cara membakar ikatan jerami di mana didalamnya sudah diletakkan kemenyan.

Bila tanaman padi pertumbuhannya jelek akan ditambah dengan sesajian berupa jamu dan obat. Akan tetapi, apabila pertumbuhannya subur akan diberikan sajian berupa telur.

Di sebuah tempat di selatan pantai pulau Jawa, pada malam Jumat penduduknya memberi sesajen kepada patung Nyai Loro Kidul yang terdapat di suatu lubang di Karang Bolong. Dengan sesajian ini, diharapkan Nyai Loro Kidul akan berbaik hati menolong dalam penangkapan ikan dan sewaktu mengumpulkan sarang burungwalet ( Tempat ini persisnya berada di pantai selatan kota Gombong, Kebumen, Jawa Tengah)

 

WhatsApp chat